Proposal Penelitan Hukum

By | January 21, 2016

Setiap penelitian idealnya didahului dengan pembuatan usulan penelitian atau proposal penelitian. Proposal penelitian merupakan gambaran singkat tentang pokok permasalahan yang akan diteliti. Dalam proposal penelitian berisikan berbagai hal, seperti latar belakang masalah, perumusan masalah, manfaat dan tujuan diadakannya penelitian, ulasan singkat tentang bahan teori yang berkaitan dengan masalah tersebut serta menjelaskan metode penelitian yang digunakan. Dengan adanya proposal penelitian, seorang peneliti akan memiliki acuan kegiatan-kegiatan yang seharusnya dilakukan.

Terdapat beberapa kerangka proposal penelitian yang ada saat ini, perbedaan tersebut dapat berasal dari disiplin ilmu dan jenis penelitian yang digunakan.

ss

Berikut ini beberapa kerangka proposal penelitian Hukum menurut berbagai sumber;

SUKANDARRUMIDI

  • Judul Penelitian – Latar Belakang Penelitian – Tujuan Penelitian – Tinjauan Pustaka – Landasan Teori – Hipotesis – Penelitian – Tenaga Peneliti – Biaya Penelitian – Pustaka.

SUNARTANTI HARTONO

  • Latar Belakang Penelitian – Identifikasi Masalah – Maksud dan Tujuan Penelitian – Kerangka Pemikiran dan Hipotesa ( bila ada ) – Metode Penelitian – Personalia para Peneliti – Struktur organisasi panitia ( tim ) peneliti – Tempat ( lokasi ) penelitian – Anggaran Penelitan

SOERJONO SOEKANTO

  • Pendahulun – Tujuan – Penelitian – Ulasan Bahan Bacaan – Kerangkat Teoritis dan konsepsional – Hipotesa – Metodologi – Kegunaan Secara teoritis dan praktis – Baiaya yang diperlukan.

Rianto Adi

  • Judul Penelitian – Nama Lembaga Penelitian dan pimpinan proyek – Latar Belakang – Latar Belakang Penelitain – Masalah penelitian – Tujuan Penelitian – Kerangka teoritis – Tinjauan literatur – Metode Penelitian dan desain penelitian – Jadwal Waktu Penelitian – Anggaran Penelitian. Untuk lebih jelasnya, dibawah ini terdapat beberapa penjelasan tentang poin-poin yang terdapat pada proposal penelitian.

Judul Proposal Penelitian Hukum

Judul proposal merupakan nama dari penelitian yang sedang dilakukan. Dapat dikatakan bahwa judul penelitian merupakan intisari dari keseluruhan penelitian yang dirangkum secara singkat dan jelas, bilamana judul tersebut terlalu panjang maka dapat dibagi menjadi induk dan anak judul.

Judul penelitian merupakan hal yang pertama kali dibaca, oleh karena itu judulnya penelitian sebainya merupakan kalimat singkat, padat, dan jelas yang dapat, dan jelas yang dapat mewakili keseluruhan karya sehingga pembaca akan memiliki gambaran tentang hal yang akan dibahas dalam karya penelitian tersebut.

Latar Belakang Masalah di Proposal Penelitian Hukum

Latar belakang masalah merupakan uraian dari pokok permasalahan yang dijabarkan secara keseluruhan sehingga akan membuat peneliti perlu melakukan penelitian mengenai pokok permasalahan tersebut. Dapat dikatakan juga latar belakang masalah merupakan hal yang mendorong seorang peneliti melakukan penelitian tersebut sehingga latar belakang masalah menjabarkan berbagai alasan yang dapat menjadikan pokok permasalahan tersebut menjadi layak untuk diteliti.

Rumusan Masalah Proposal Penelitian Hukum

Rumusan masalah merupakan rincian dari beberapa permasalahan yang timbul dan akan dicari pemecahannya. Dalam proposal penelitian, rumusan masalah ini dijelaskan dalam bentuk kalimat tanya.

Tujuan dan Manfaat Penelitian Proposal Penelitian Hukum

Dalam proposal penelitian, perlu dijabarkan dalam tujuan yang dicapai dan manfaat yang akan diproses dengan adanya penelitian tersebut.

Tinjauan Pustaka

Menurut KBBI tinjauan adalah (1) hasil meninjau : pandangan; pendapat ( sesudah menyelidiki, mempelajari dan sebagainya, meleset (2) perbuatan meninjau : buku itu banyak mengandung sejarah sedangkan pustaka adalah (1) kitab; buku dan (2) buku primbon.

Tinjauan pustaka atau landasarn teori merupakan bagian proposal yang berisikan berbagai teori yang dapat mendasari dalam oleh pikir sehingga permasalahan yang diangkat tersebut dapat dicapai pemecahannya.

Metode Penelitian

Metode Penelitian merupakan langkah-langkah atau prosedur yang akan dilakukan untuk mengumpulkan berbagai data guna memecahkan permasalahan dalam penelitian.

Daftar Pustaka

Daftar Pustaka dalam Proposal Penelitian Hukum merupakan rangkuman berbagai buku, jurnal, Penelitian terdahulu, yang akan digunakan sebagai rujukan selama melakukan penelitian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *