Pengertian ( IPA ) Ilmu Pengetahuan Alam

By | January 25, 2016

Pengertian IPA ( Ilmu Pengetahuan Alam ) Menurut H.W Fowler er-al adalah ilmu sistematis dan dirumuskan, dimana berhubungan dengan gejala-gejala kebendaan dan didasarkan terutama atas pengamatan dan induksi.

Menurut Nokes di dalam buku “ Science in Education “ menyatakan bahwa Ilmu Pengetahuan Alam atau IPA ialah pengetahuan teoritis yang diperoleh dengan metode khusus.

Kedua pendapat diatas sebenarnya tidak berbeda. Memang benar IPA ilmu pengetahuan alam merupakan suatu ilmu teoritis, akan tetapi teori tersebut didasarkan atas pengamatan, percobaan-percobaan pada gejala-gejala alam. Betapapun indahnya suatu teori yang dirumuskan, tidaklah dapat dipertahankan kalau tidak sesuai dengan hasil-hasil pengamatan atau observasi. Fakta-fakta tentang gejala kebendaan atau alam dislidiki dan diuji berulang-ulang melalui percobaan-percobaan ( eksperimen ), kemudian berdasarkan hasil eksperimen itulah dirumuskan keterangan ilmiahnya ( teorinya ). Teoripun tidak dapat berdiri sendiri, teori selalu didasari oleh suatu hasil pengamatan.

Jadi dapat disimpulkan bahwa Pengertian IPA ( Ilmu Pengetahuan Alam ) adalah suatu pengetahuan teoritis yang dapat diperoleh atau disusun dengan cara yang khusus, yaitu melakukan observasi eksperimentasi, penyusunan teori, penyimpulan, eksprimentasi, observasi dan demikian seterusnya kait-mengkait antara cara yang satu dengan cara yang lain. Cara untuk mendapatkan ilmu secara demikian ini terkenal dengan metode ilmiah. Pada dasarnya metode ilmiah merupakan suatu cara yang logis untuk memecahkan suatu masalah tertentu.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai pengertian IPA ( Ilmu Pengetahuan Alam ) Menurut para Pakar, Semoga tulisan kami mengenai IPA ( Ilmu Pengetaguan Alam ) dapat bermanfaat.


Kami juga memberikan solusi dan konsultasi baik skripsi maupun tesis untuk Anda yang sedang mengalami kesulitan baik dalam pencarian sumber refrensi skripsi atau tesis yang sedang anda kerjakan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai konsultasi skripsi dan tesis anda dapat menghubungi kontak cs kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *